• MTS ANNUR PALANGKA RAYA
  • MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI

Problema Guru dan Siswa MTs Annur saat Menjalankan KBM di Tengah Pandemi COVID-19

MTs Annur (Humas)- Pandemi COVID-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda menghilang. Kendati, berbagai upaya telah dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Penerapan perilaku 5M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi) menjadi upaya utama untuk menekan angka pasien positif COVID-19.

Dengan adanya imbauan jaga jarak atau physical distancing maupun karantina mandiri, membuat banyak orang harus bekerja dan belajar di rumah.

Kondisi tersebut yang mengubah banyak perilaku masyarakat, terutama di sektor pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka harus dilaksanakan jarak jauh.

Terhitung sejak Maret 2020 hingga awal tahun 2021 ini, banyak kegiatan sekolah yang harus dilaksanakan dari rumah. Hampir semua aktivitas belajar dan mengajar dilakukan tidak secara tatap muka.

Jadi, selama pandemi COVID-19, guru dan siswa harus berinteraksi secara online atau daring. Pembelajaran daring bertujuan agar anak bisa belajar di rumah saja untuk mencegah penyebaran virus corona.

Mungkin, tak banyak yang menyangka, sepanjang tahun ini baik guru maupun siswa, harus melaksanakan kegiatan belajar mengajar melalui daring.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) tersebut sempat menuai reaksi dari banyak pihak, mulai siswa, orang tua murid, hingga guru.

Seperti halnya yang dialami Juhairi Yansah, salah seorang guru di MTs Annur yang mengampu mata pelajaran Akidah akhlak tersebut menceritakan suka duka dan promblema mengajar selama masa pandemi COVID-19.

Tidak Efektif dan Maksimal

Menurutnya Juhairi Yansah, pembelajaran secara daring tidak bisa efektif dan maksimal. Terlebih lagi, pembelajaran jarak jauh tersebut dilakukan tanpa adanya persiapan yang benar-benar matang.

"Pembelajaran secara tatap muka saja terkadang ada beberapa kendala kecil, apalagi seperti sekarang, dengan jarak jauh. Susah pastinya untuk memantau siswa satu-satu," ujar Kukuh.

"PJJ juga baru kali ini dilaksanakan dan belum ada pelatihan sebelumnya. Butuh persiapan matang," tambah guru bergelar Sarjana Pendidikan itu.

Kendala pembelajaran secara daring memang dinilai masih banyak. Penyampaian materi tanpa tatap muka langsung dianggap masih kurang optimal dan siswa susah menyerap maksud dari pembelajaran yang disampaikan.

"Materi yang disampaikan terkadang kurang bisa diserap dengan baik oleh siswa. Jadi, siswa saya minta mencari materi terkait dari internet sebanyak-banyaknya untuk dipahami terdahulu," kata guru beranak 3 itu.

Selain materi, faktor penilaian siswa juga menjadi kendala tersendiri. Menurutnya, siswa masih susah untuk bisa mengumpulkan tugas yang diminta guru sesuai waktu.

Kukuh mengungkapkan, siswa yang penting bersedia mengumpulkan tugas yang diberikan. Kemudian, antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran secara online juga menjadi penilain tersendiri.

"Untuk penilaian, tolok ukurnya pastinya berbeda dengan pembelajaran tatap muka, keaktifan siswa dalam pembelajaran juga menjadi pertimbangan" jelasnya.

Pembelajaran Tatap Muka Lebih Efektif

Kesulitan mengajar secara daring juga dirasakan H. Ahmad Kasimi.S.Ag, guru mata pelajaran Bahasa Arab di MTs Annur Palangka Raya.

"Mengajar secara daring memang susah, terlebih lagi dalam mata pelajaran Bahasa Arab tak hanya teori saja, tapi ada praktiknya," tutur.

"Kalau tatap muka kan siswa bisa lebih paham dan mengerti materi yang disampaikan," ujar H. Ahmad Kasimi yang juga ketua program tahfidz Al-Qur’an MTs Annur.  

Selain dalam penyampaian materi, antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran secara daring juga sangat kurang. 

"Terkadang ada beberapa siswa tidak absen dan juga susah mengumpulkan tugas. Beberapa siswa juga mungkin ada yang terkendala masalah jaringan dan mungkin jadi malas mengikuti belajar secara daring," tuturnya.

Tambah H. Ahmad Kasimi, kami mewakili guru-guru yang lain sudah rindu beraktivutas di sekolah secara normal. Ia menuturkan antusiasme siswa kembali ke sekolah sepertinya sangat besar karena sudah lama tidak bertemu dengan peserta didik di madrasah.

"Kerinduan pasti ada untuk berkumpul bersama guru dan siswa melihat canda tawa," katanya.  

"Saya juga rindu mengajar secara langsung karena mengajar secara daring merupakan dua hal yang berbeda. Kalau di ruangan, mereka aktif mendengarkan dan aktif bertanya."

Jenuh Belajar di Rumah

Selain guru, cerita suka duka dan problem saat melaksanakan kegiatan belajar  selama pandemi COVID-19 diungkapkan oleh siswa  siswa kelas VIII A MTs Annur, Naila.

Naila menceritakan suka dukanya belajar selama pandemi COVID-19. Ia menyebut sudah jenuh belajar di rumah selama kurang lebih delapan bulan.

"Awal-awal mungkin senang ya, nggak harus ke sekolah, apalagi sebelum pandemi waktu belajar di sekolah dimulai dari pagi sampai sore," ujarnya belum lama ini.

"Sekarang, sudah jenuh belajar di rumah dan ingin bertemu sama teman-teman lain. Kalau enggak sekolah, tak dapat tambahan uang saku dari orang tua," tambahnya seraya tertawa.

Menurutnya, sekolah secara daring kurang efektif, terutama mata pelajaran kejuruan. Selain itu, ia juga jarang memperhatikan materi yang disampaikan guru saat pembelajaran daring.

"Kalau pelajaran kejuruan, teori saja jelas tidak cukup. Perlu praktik," pungkas Naila mengakhiri pembicaraan. (hms)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SISWA KELAS IX MTS ANNUR IKUTI ASESMEN BAKAT DAN MINAT

MTs Annur (Humas) – Senin, 19 Februari 2024 Siswa Kelas IX MTs Annur  mengikuti Asesmen Bakat dan Minat (ABM) yang diinisiasi oleh Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemend

19/02/2024 14:11 - Oleh H.RUS'ANSYAH,S.Ag,M.Pd - Dilihat 341 kali
Kakankemenag Kota Palangka Raya Beri Pembinaan Guru MA,MTs,MI dan RA Annur

Palangka Raya (Humas) – Bertempat di Ruang Aula MTs Annur, Senin (21/8/2023) Kepala Kantor Kemenag Kota Palangka Raya H. Nur Widiantoro melakukan pembinaan dan memberikan motivasi

21/08/2023 15:01 - Oleh H.RUS'ANSYAH,S.Ag,M.Pd - Dilihat 697 kali
Meriahkan HUT RI ke-78, MTs Annur Gelar Aneka Lomba

Palangka Raya (Humas) - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 Tahun 2023, MTs Annur dengan semangat menggelar berbagai kegiatan lomba, Rabu (16/08/2023). Adapun j

17/08/2023 07:47 - Oleh H.RUS'ANSYAH,S.Ag,M.Pd - Dilihat 799 kali
MTs ANNUR GELAR RAPAT PERSIAPAN HUT RI KE-78

MTs Annur (Humas) -Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2023, MTs Annur Senin (14/8/2023) melakukan rapat persiapan HUT RI ke-

14/08/2023 13:24 - Oleh H.RUS'ANSYAH,S.Ag,M.Pd - Dilihat 632 kali
MTs Annur Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Palangka Raya – Bertempat di Ruang Labkom Senin 31 Juli 2023, Madrasah Tsanawiyah Annur menggelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Workshop IKM dilaksanakan bertuju

31/07/2023 21:19 - Oleh H.RUS'ANSYAH,S.Ag,M.Pd - Dilihat 825 kali
Gelar PTS Genap untuk Mengukur Ketercapain Pembelajaran

MTs Annur sejak Rabu 1/3/2023 - Sabtu 4/3/2023 Maret 2023 menggelar Penilaian Tengah Semester Genap Berbasis Android Tahun Pelajaran 2022-2023 diikuti oleh seluruh siswa kelas VII dan V

02/03/2023 11:00 - Oleh H.RUS'ANSYAH,S.Ag,M.Pd - Dilihat 617 kali
Gelar PTS Genap untuk Mengukur Ketercapain Pembelajaran

MTs Annur sejak Rabu 1/3/2023 - Sabtu 4/3/2023 Maret 2023 menggelar Penilaian Tengah Semester Genap Berbasis Android Tahun Pelajaran 2022-2023 diikuti oleh seluruh siswa kelas VII dan V

02/03/2023 10:15 - Oleh H.RUS'ANSYAH,S.Ag,M.Pd - Dilihat 329 kali
Targetkan 3 Rombel, Kepala MTs Annur Lakukan Ini

Palangka Raya (Humas) – Kepala MTs Annur Palangka Raya, H. Rus’ansyah memimpin rapat persiapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2023/2024 di ruang Labkom

12/02/2023 11:45 - Oleh H.RUS'ANSYAH,S.Ag,M.Pd - Dilihat 348 kali
Bangun Karakter Religi Siswa, MTs Annur Gelar Briefing

Palangka Raya (Humas) – MTsN 3 Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar briefing pagi kepada siswa kelas VII, VIII dan IX yang berjumlah 215, Kamis (10/02/22) pagi di halaman madrasah.

05/02/2023 07:17 - Oleh H.RUS'ANSYAH,S.Ag,M.Pd - Dilihat 373 kali
Rus’ansyah : Pramuka Bentuk Kepribadian, Kecakapan dan Akhlak Mulia Siswa

Palangka Raya (Humas) - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Annur melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) wajib pramuka. Kegiatan ekskul pramuka tersebut dilaksanakan setiap hari Sabtu ya

04/02/2023 16:44 - Oleh H.RUS'ANSYAH,S.Ag,M.Pd - Dilihat 491 kali