• MTS ANNUR PALANGKA RAYA
  • MADRASAH HEBAT BERMARTABAT

Profil

Palangka Raya (Inmas) - Siapa yang tak kenal Madrasah Tsanawiyah (MTs) Annur Palangka Raya? Madrasah di Jl. S. Parman / Mahakam Kota Palangka Raya ini menjadi salah satu madrasah favorit warga Kota Cantik Palangka Raya.

Kendati statusnya madrasah swasta, namun madrasah binaan Kementerian Agama Kota Palangka Raya ini telah mengantongi akreditasi A. Ini artinya madrasah di bawah naungan Yayasan JAMI' AN-NUR Palangka Raya ini telah memenuhi standar terbaik sekolah yang dibuat Kementerian Pendidikan Nasional.

"Alhamdulillah MTs Annur ini sudah terakreditasi A sejak beberapa tahun lalu. Ini artinya, madrasah ini telah memenuhi standar terbaik madrasah atau sekolah, baik dari sisi sarana prasarana, SDM pendidik dan tenaga kependidikan dan lainnya," ucap Kepala MTs Annur, Rus'ansyah ketika bertandang ke ruang Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Kalteng baru-baru ini.

Dikatakan, visi madrasah yang terletak di tengah-tengah kota bermotto Isen Mulang ini adalah "Mewujudkan Madrasah yang Bermutu  Berwawasan Iman, Taqwa, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi".

Untuk mewujudkan visi itu, lanjut Rus'an, SMP berciri khas Islam ini memiliki misi mewujudkan insan yang berimtaq dan beriptek serta mewujudkan kerjasama warga madrasah dan stake holder.

Selain itu, lanjut Rus'an, juga mewujudkan SDM yang cerdas, terampil, mandiri, berprestasi, dan berakhlak.

"Kita juga memiliki misi mewujudkan peningkatan kualitas hasil belajar peserta didik," ucapnya.

Untuk merealisasikan visi dan misi tersebut, Rus'an bersama yayasan mengaku terus berupaya meningkatkan kualitas SDM guru dan tenaga kependidikan di lingkungan MTs Annur. Karena itu ia terus mendorong agar para guru melanjutkan jenjang pendidikan ke Strata-2.

"Alhamdulillah guru kita mayoritas S1 dan S2 dan sudah lulus sertifikasi. Untuk tenaga administrasi juga terampil dan menguasai IT, sehingga mutu kita bisa terus bersaing dengan madrasah negeri. Buktinya tahun ini kita melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)," ucapnya. 

Dijelaskan Rus'an, MTs Annur memiliki beberapa fasilitas penunjang proses belajar mengajar yang lengkap sehingga turut mendongkrak pretasi akademik dan non akademik guru dan siswa. Saran itu antara lain labolatorium IPA, masjid Jami An-Nur, puluhan ruang belajar yang nyaman, labolatorium agama, labolatorium komputer/internet, ruang OSIS, pramuka, UKS, PMR, perpustakaan, sarana olahraga, kantin dan fasilitas WC yang bersih dan sehat.

Sedangkan untuk mendukung minat dan bakat siswa, MTs Annur menyediakan pendampingan bimbingan komputer/internet, seni baca tulis Al-Qur'an baik tilawah/tartil/ maupun kaligrafi, praktik pengamalan ibadah seperti tadarus Al-Qur'an, menghafal Asmaul Husna, surah pendek dan do'a.

"Di madrasah kita juga ada bimbingan kegiatan ektrakurikuler kesenian hadrah, rebana dan habsyi, bimbingan bahasa asing, ceramah atau syahril Qur'an, cerdas cermat atau fahmil Qur'an, pramuka, PMR, seni tari daerah, pencak silat, dan beberapa olaharga seperti futsal, basket, bola volly, bulu tangkis serta akan kita bentuk drum band", ucapnya.

Adapun segudang prestasi yang pernah di raih siswa-siswi dan guru MTs Annur Palangka Raya, lanjut Rus'an, antara lain juara I Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Mata Pelajaran Fisika se-Kota Palangka Raya, juara III Fahmil Qur'an STQ ke VI Kota Palangka Raya, juara III putri pencak silat pelajar se-Kota Palangka Raya, juara II putra dan putri pencak silat O2SN Kota Palangka Raya, juara I pencak silat remaja kelas A putri kejuaraan wilayah tapak suci tingkat provinsi Kalteng dan juara harapan I kepala madrasah serta beberapa prestasi lain.

"Pelbagai pretasi ini insyaallah akan terus kita tingkatkan dan yang paling utama adalah peningkatan signifikan nilai kelulusan," ucapnya.

Pada kesempatan itu Rus'an juga mengajak warga Kota Palangka Raya untuk mempercayakan pendidikan anak-anaknya yang telah menamatkan pendidikan di SD/MI ke MTs Annur. Karena tahun pelajaran ini madrasah kebanggaan warga Kota Palangka Raya ini membuka peluang bagi 128 siswa-siswi baru untuk bergabung di MTs Annur.
"Kita sedikan empat kelas untuk siswa-siswi baru, dan tiap kelas kita batasi maksimal 32 anak," ucapnya. (rf)

Komentari Tulisan Ini